Tesis AP
Peningkatan Kreativitas Guru PAUD Melalui Pengembangan Kompetensi Pedagogik Dan Kecerdasan Adversitas (Penelitian Pada Guru PAUD Di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor)
Kreativitas guru-guru PAUD masih tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat berpengaruh pula pada peserta didik terutama pada tujuan pembelajaran pendidikan anak usia dini . Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis untuk meningkatkan kreativitas guru dengan cara meningkatkan kompetensi pedagogik dan kecerdasan adversitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kecerdasan adversitas terhadap kreativitas guru PAUD. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional penelitian, dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada guru-guru PAUD yang berada di Wilayah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor yang berjumlah 34 sekolah. Sampel diambil secara random proporsional yang berjumlah 104 dari 140 populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan pilihan ganda sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik terhadap kreativitas guru dengan βy.1 sebesar 0,4476 dan persamaan regresi Ŷ=88,65 + 1,66 X1, koefisien determinasi 0,2004, artinya 20,04 % pengaruh langsung kompetensi pedagogik guru berperangaruh terhadap meningkatnya kreativitas guru, 2) Terdapat pengaruh positif kecerdasan adversitas sebesar 0,4646 dan persamaan regresi Ŷ=69,29 + 0,45X2 , koefisien determinasi sebesar 0,2159 artinya 21,59 % pengaruh terhadap kreativitas guru dengan βy.
2 langsung kecerdasan adversitas guru menyebabkan peningkatan kreativitas guru, (3) Terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik dan kecerdasan adversitas terhadap kreativitas guru dengan βy1.2 sebesar 0,5704 dan persamaan regresi Ŷ=50,76 + 1,28X1 + 0,36X2, Secara bersama-sama kompetensi pedagogik dan kecerdasan adversitas mampu mempengaruhi kreativitas guru. sebesar 25,68 %+27,41% = 53,09 % dan sisanya sebesar 46,91 % dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kreativitas guru akan maksimal, apabila ada upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kecerdasan adversitas.
2019TMP04.C1 | 04 SOL TMP 2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP04.C2 | 04 SOL TMP 2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain