Tesis AP
Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah Dan Pengembangan Budaya Organisasi
Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara supervisi kepala sekolah dan budaya organisasi dengan produktivitas kerja guru. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berada di wilayah seKecamatan Bogor Selatan pada tahun 2018 dengan jumlah sampel 142 orang yang diambil secara proportional random sampling. Metode yang digunakan yaitu survai dan teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi linier ganda. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 0,05 dan 0,01. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: pertama, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah (X1) dengan produktivitas kerja guru (Y) yang dapat terlihat pada koefisien korelasi ry1 sebesar 0,209 dan persamaan regresi Ŷ=96,353+0,187X2, koefisien determinasi (ry12) sebesar 0,043, dengan demikian supervisi kepala sekolah yang baik akan menyebabkan produktivitas kerja guru menjadi tinggi. Kedua, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara budaya organisasi (X2) dengan produktivitas kerja guru (Y) dengan koefisien korelasi ry2 sebesar -0,380 dan persamaan regresi Ŷ=80,657+0,337X2 koefisien determinasi (ry22) sebesar 0,144, dengan demikian budaya organisasi yang baik akan menyebabkan produktivitas kerja guru menjadi tinggi. Ketiga, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara supervisi kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi (X2) secara bersama-sama dengan produktivitas kerja guru (Y), dengan koefisien korelasi ry12 sebesar 0,377 dan persamaan regresi Ŷ=66,816+0,142X1+0,318X2, koefisien determinasi (ry122) sebesar 0,169, dengan demikian supervisi kepala sekolah dan budaya organisasi yang baik akan menyebabkan produktivitas kerja guru menjadi tinggi. Berdasarkan ketiga hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah dan budaya organisasi dengan produktivitas kerja guru baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
2019TMP005.C1 | 05/HET/TMP/2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP005.C2 | 05/HET/TMP/2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain