Tesis AP
Peningkatan Kreativitas Kerja Guru Ditinjau Dapat Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi (Studi Pada Guru PNS SDN di Kecamatan Jagakarsa Wilayah III, Jakarta Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empirik tentang hubungan antara supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kreativitas kerja guru. Penelitian menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional untuk mengetahui hubungan dua variabel be bas dan variabel terikat. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah Supervisi Kepala Sekolah (XI) dan Iklim Organisasi (X2), sedangkan variabel terikatnya yaitu Kreativitas Kerja Guru (Y). Populasi penelitian ini adalah guru PNS di SDN yang berada di Kecamatan Jagakarsa Wilayah III Kota Jakarta Selatan Propinsi OKI Jakarta yang berjumlah 170 orang dari 11 SDN di Kecamatan Jagakarsa Wilayah III. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, yaitu menentukan sam pel diambil dari perwakilan tiap-tiap sekolah yang ada dalam populasi yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah masing-rnasing, dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 119 orang guru. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kreativitas Kcrja Guru. Kckuatan hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah (XI) dengan Kreativitas Kerja Guru (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi ryl = 0,827 (sangat kuat) dan koefisien
determinasi r2yl = 0,684 artinya bahwa Supervisi Kepala Sekolah memberikan kontribusi 68,4% terhadap Kreativitas Kerja Guru. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Iklim Organisasi dengan Kreativitas Kerja Guru. Kekuatan hubungan antara Iklim Organisasi (X2) dengan Kreativitas Kerja Guru (Y) ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,724 (kuat) dan koefisien
determinasi r2Y2= 0,524 artinya bahwa Iklim Organisasi memberikan kontribusi 52,4% terhadap Kreativitas Kerja Guru. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan an tara Supervisi Kepala Sekolah (Xi) dan Iklim Organisasi (X2) secara bersama-sama dengan Kreativitas Kerja Guru (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ryl2 = 0,861 (Sangat Kuat) dan koefisien determinasi r2y12= 0,742 yang berarti bahwa Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama mempunyai kontribusi sebesar 74,2% terhadap Kreativitas Kerja Guru.
2019TMP006.C1 | 06 MUH TMP 2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP006.C2 | 06 MUH TMP 2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain