Tesis AP
Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Pengembangan Pada Learning Organization Dan Kepemimpinan Visioner" (Studi Pada Guru Tetap Yayasan SD Islam Swasta Di Kecamatan Gunung Putri Bogor)
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya bagaimana keinovatifan guru dapat ditingkatkan dengan cara meneliti hubungan antara keinovatifan dengan variabel lain. Variabel lain tersebut adalah learning organization dan kepemimpinan visioner.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode statistik korelasional untuk mengetahui apakah variabel learning organization dan kepemimpinan visioner memiliki hubungan positif dengan keinovatifan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dilanjutkan dengan analisis menggunakan SITOREM (Scientific Identification Theory to Conduct Operation Research in Education Management) untuk mengidentifikasi kekuatan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, analisis nilai hasil penelitian tiap indikator penelitian, analisis terhadap bobot indikator berdasarkan penilaian expert, dan penetapan klasifikasi indikator yang hasil akhirnya dapat menentukan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan. Penelitian dilakukan pada Guru Tetap Yayasan SD Islam Swasta di Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor dengan populasi penelitian berjumlah 167 dan sampel 118 GTY.Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Terdapat hubungan positif dengan level hubungan yang tinggi pada learning organization (X dengan keinovatifan guru (Y), dengan koefisien korelasi (ry1) 1)sebesar 0,721 dan persamaan regresi Ŷ = 27,097
+ 0,699X1, serta koefisien determinasi (r2y1) 0,52, 2) Terdapat hubungan positif dengan level hubungan yang sangat rendah pada kepemimpinan visioner (X) dengan keinovatifan guru (Y), dengan koefisien korelasi (ry) sebesar 0,308 dan persamaan regresi Ŷ = 58,273 + 0,400X2, 2 serta koefisien determinasi (r2y2) 0,095, 3) Terdapat hubungan positif dengan level hubungan yang tinggi pada learning organization (X) dan kepemimpinan visioner (X) dengan keinovatifan guru (Y) dengan koefisien korelasi (ry12)
2 sebesar 0,721 dan persamaan regresi Ŷ = 24,428 + 0,691X1 2+ 0,027X, serta koefisien determinasi (r2y12) 0,52, artinya efektifitas learning organization berpengaruh lebih dominan terhadap keinovatifan guru dibandingkan dengan pengaruh kepemimpinan
visioner. Hasil analisis sitorem menemukan 5 indikator yang perlu dipertahankan yaitu 1) Berfikir sistem, 2) Pengembangan berfikir, 3) Komitmen terhadap nilai spiritual, 4)Relathionship, dan 5) Sikap dewasa. Dan indikator yang perlu ditingkatkan ditemukan 11 indikator yaitu 1) Mencari solusi, 2) Kolaborasi antar kelompok, 3) Keyakinan akan kemampuannya, 4) Membuat generalisasi/kesimpulan, 5) Implementasi visi, 6) Rencana kerja, 7) Metode Kerja, 8) Multi media, 9) Mekanisme kerja, 10) Layanan optimal, dan 11) Evaluasi kerja.
2019TMP008.C1 | 08 NUR TMP 2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP008.C2 | 08 NUR TMP 2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain