Tesis AP
Hubungan Antara Kepribadian Dan Knowledge Management Dengan Kreativitas (Studi Pada Guru PNS Sekolah Dasar Negeri Terakreditasi A Di Kecamatan Bogor Barat)
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri atas dua variabel bebas yaitu Kepribadian dan Knowledge Management serta satu variabel terikat yaitu Kreativitas Guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN terakreditasi A di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dengan populasi penelitian berjumlah 134 orang dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang yang ditentukan secara proporsional random sampling. Metode yang digunakan yaitu metode survey dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linier sederhana serta korelasi dan regresi linier ganda. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 0,05 dan 0,01. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: pertama terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Kepribadian dengan kreativitas guru, dengan koefisien korelasi sebesar ry1= 0,321 (p < 0.01) persamaan regresi Ŷ = 85,16 + 0,35X1, Koefisien Determinasi r²y1 = 0,102 yang berarti terdapat kontribusi dari variabel Kepribadian terhadap kreativitas guru sebesar 10,2%. Kedua terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Knowledge Management dengan kreativitas guru dengan koefisien korelasi ry2 =0,375 (p < 0.01) persamaan regresi Ŷ = 93,08 + 0,32X2, dan koefisien determinasi r²y2 = 0,141 yang berarti terdapat kontribusi dari Knowledge Management terhadap kreativitas guru sebesar 14,1%. Ketiga terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara Kepribadian dan Knowledge Management secara bersama-sama dengan kreativitas guru. Kekuatan hubungan tersebut berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi ganda ry.12 = 0,471 (p < 0.01) persamaan regresi ganda Ŷ = 57,81 + 0,31X1 + 0,29X2 dan koefisien determinasi r2y12=0,221, yang berarti terdapat kontribusi dari variabel Kepribadian dan Knowledge Management secara bersama-sama terhadap kreativitas guru sebesar 22,1%. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dapat ditingkatkan melalui Kepribadian dan Knowledge Management, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama
2019TMP009.C1 | 09 BAS TMP 2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP009.C2 | 09 BAS TMP 2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain