Tesis AP
Manajemen Pembelajaran Dengan Pendekatan Holistik Di SDN Pertiwi Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai manajemen pembelajaran dengan pendekatan holistik. Dengan pendekatan holistik yang diterapkan pada proses pembelajaran ini dapat diketahui potensi-potensi yang dimiliki masing-masing siswa yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjabarkan, mendeskripsikan dan mengalisa secara objektif dan kritis mengenai manajemen pembelajaran dengan pendekatan holistik di sekolah SD Pertiwi Bogor. Penelitian ini akan mengkaji serta menggali secara dalam melalui wawancara terhadap sub fokus dari penelitian ini yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi di sekolah SD Pertiwi Bogor. Hasil penelitian bahwa manajemen pembelajaran dengan pendekatan holistik ini terdapat empat sub fokus yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Langkah pertama di mulai dengan perencanaan yaitu dengan membuat program pembelajaran dan silabus dan sebagainya sampai ke analisis kompetensi dasar lalu menganalisis dari kompetensi dasar tersebut. Kurikulum yang digunakan kurikulum 2013, setelah menganalisis kompetensi dasar lalu dibuatlah RPP yaitu dengan menentukan sub tema bahan ajar pada saat pembelajaran berlangsung. Pengorganisasian Struktur di SD Pertiwi ada kepala sekolah di bantu oleh wakil kepala sekolah, kurikulum, kesiswaan guru-guru dari kelas 1 sampai kelas 6, sarpras. Jika di SD pertiwi dari bidang kurikulum bisa ada 7 atau 6 anggota itupun di bantu dari guru-guru yang mengajar, begitupun dengan sarpras dan kesiswaan. Selanjutnya tahap pelaksanaan siswa di sebelum masuk ke SDN Pertiwi terlebih dahulu sebelum pendaftaran dilakukan tes observasi oleh pihak sekolah, tes kemampuan dll. Observasi berikut berupa pertanyaan-pertanyaan ke siswa dengan mennyakan hal apa yang ia suka, dan tes gambar, tes warna itu dilakukan agar siswa bisa lebih mandiri dan aktif, lalu gurupun berperan penting dalam belajar cara mereka menerapkan pendekatan Holistik tersebut yaitu guru terlebih dahulu melakukan pendekatan terhadap siswa, lalu siswa di bawa senyaman mungkin untuk belajar, siswa di sambut ketika datang ke sekolah dan pulang sekolah, guru di SDN Pertiwi pun dalam 1 kelas di bantu dua atau 3 orang yang dinamakan guru bantu, gurupun di tes terlebih dahulu sebelum mereka akan dijadikan guru kelas untuk mengajar, supaya apa yang menjadi kekurangan mereka bisa diketahui dan segera diperbaiki dalam mengajar di kelas. Setiap hari jumat pun siswa-siswi SDN Pertiwi sering di latih untuk mengaji, dan ceramah jadi setiap hari jumat itu yang menjadi penceramah bukan guru melainkan siswa. Diterapkannya juga budaya membaca dengan cara siswa diperintahkan membawa buku dari rumah atau perpustakaan dan nantinya mereka membaca buku apa saja yang mereka sukai, lalu setelah membaca ia terapkan hasil membaca itu dengan menggunakan pohon literasi caranya hasil yang mereka baca di tulis di kertas berwarna-warni agar menjadi menarik lalu di tempelkan di pohon literasi yang sudah dibuat. Selain itupula hal yang mendukung dalam pembelajaran dengan pendekatan Holistik didukung dari segi fasilitas yang bagus dan lengkap, seperti laboratorium computer, laboratorium bahasa, masjid, ruang musik, perpustakaan, ruang UKS, dan kantin.
2019TMP011.C1 | 11 PRI TMP 2019 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2019TMP011.C2 | 11 PRI TMP 2019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain