Tesis AP
Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah (Penelitian pada Guru PNS di SMP Negeri Sub Rayon Sukaraja Kabupaaten Sukabumi)
Penelitian ini bertujuan menemukan upaya bagaimana keinovatifan guru dapat ditingkatkan dengan cara meneliti hubungan antara keinovatifan guru dengan variable lain.Variabel lain tersebut adalah efikasi diri dan kepemimpinan visioner kepala sekolah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode statistic korelasional untuk mengetahui apakah variabel efikasi diri dan kepemimpinan visioner kepala sekolah memiliki hubungan positif dengan keinovatifan. Berdasarkan penelitian ini, dilanjutkan dengan analisis menggunakan SITOREM (Scientific Identification Theory to Conduct Operation Research in Education Management) untuk mengidentifikasi kekuatan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, analisis nilai hasil penelitian tiap indikator penelitian, analisis terhadap bobot indikator berdasarkan penilaian expert, dan penetapan klarifikasi indikator yang hasil akhirnya dapat menentukan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan. Penelitian dilakukan pada Guru PNS di SMP Negeri Sub Rayon Sukaraja Kabupaten Sukabumi dengan populasi 153 dan sampel 111 orang. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel efikasi diri (X1) dengan keinovatifan guru (Y) dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,5293 dan persamaan regresi Ŷ=63,225+0,439X₁ serta koefisien determinasi (r2y1) sebesar 0,2802 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel kepemimpinan visioner kepala sekolah (X2) dengan Keinovatifan guru (Y) dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,4579 dan persamaan regresi Ŷ= 73,692+0,3321X₁ serta koefisien determinasi (r
) sebesar 0,2097 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel efikasi diri (X1) dan kepemimpinan visioner kepala sekolah (X2) secara bersama-sama dengan keinovatifan guru (Y) dengan koefisien korelasi (ry12 ) sebesar 0,5583 dan Ŷ=54,089+0,330X₁+0,160X₂ serta koefisien determinasi (ry12 2) sebesar 0,3116 artinya efektifitas efikasi diri berpengaruh lebih dominan terhadap keinovatifan guru dibanding dengan kepemimpinan visioner kepala sekolah. Hasil analisis sitorem terdapat indikator yang perlu dipertahankan yaitu 1) integritas pribadi 2) antusias terhadap pengembangan lembaga 3) pengembang pola komunikasi personal 4) perhatian individual.
2022T-AP001.C1 | 1/SUH/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2022T-AP001.C2 | 1/SUH/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain