Tesis AP
manajemen Kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme (PYP) Madania Parung Bogor
Proses manajemen kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme di Sekolah Madania Parung Bogor memiliki pernanan yang amat vital agar tujuan Pendidikan di sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien. Prinsip dasar dari pengelolaan kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen kurikulum Internasional Baccalaureate Primary Years Programme dan memperoleh gambaran berdasarkan fakta berupa data dan informasi. Pendekatan penelitian kualitatif digunakan untuk menghasilkan paparan yang komprehensif mengenai Langkah-langkah manajerial, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum IB PYP di Sekolah Madania dilakukan dengan strategi collaborative planning diawali dengan menentukan scope and sequence dialnjut dengan penyusunan program plan dan
menentukan SDM yang bertanggung jawab, kemudian menyusun promes, PYP Current Learning, Weekly dan Daily Plan. (2) Pengorganisasian kurikulum merupakan wewenang CDQA dan School Director yang kemudian dilengkapi oleh Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum dan guru. (3) Pelaksanaan kurikulum IB PYP dilakukan dengan Konsep pembelajaran yang menggunakan inquiry based programme dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran unit of inquiry meliputi tuning in, finding out, sorting out, going further, dan reflection and taking action. (4) Pengendalian dilakukan dengan monitoring dan evaluasi terhadap program sekolah, kepala sekolah, guru maupun siswa. Hasil penelitian yakni Keberhasilan kurikulum International Baccalaureatte dalam perkembangan Madania Learner Profile dan IB Attitude pada siswa Primary Years Programme Sekolah Madania tidak terlepas dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian yang terstruktur dan terkonsep dengan baik dan rapi.
2022TAP003.C1 | 3/SAR/T-AP/2022 | My Library (RTMP) | Tersedia |
2022TAP003.C2 | 3/SAR/T-AP/2022 | My Library (RTMP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain