Tesis AP
Peningkatan Literasi Digital Melalui Peguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan upaya-upaya konkret dalam meningkatkan literasi digital guru berdasarkan kajian terhadap hubungan antara: (1) efikasi diri dengan literasi digital (2) kepemimpinan visioner dengan literasi digital (3) efikasi diri dan kepemimpinan visioner secara bersama-sama dengan literasi digital. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendektan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 154 orang
dan sampel penelitian 112 orang yang diperoleh dengan simple random sampling. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukan bahwa: (1) efikasi diri berhubungan positif dengan literasi digital guru yang ditunjukan dengan koefisien korelasi r
y1 = 0,378 dan efikasi diri memberikan kontribusi sebesar 14,3% terhadap literasi digital (2) kepemimpinan visioner berhubungan positif dengan literasi digital guru yang ditunjukan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,574 dan kepemimpinan visioner memberikan kontribusi sebesar 32,9% terhadap literasi digital (3) terdapat hubungan positif antara efikasi diri dan kepemimpinan visioner
secara bersama-sama dengan literasi digital guru yang ditunjukan dengan koefisien korelasi ry12 = 0,609 dan efikasi diri dan kepemimpinan visioner secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 37% terhadap literasi digital. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi diri dan kepemimpinan visioner maka akan tinggi pula literasi digital guru tersebut. Upaya peningkatan literasi digital melalui efikasi diri dan kepemimpinan visioner dengan cara mengembangkan indikator-indikator dari literasi digital yang dilaksanakan oleh guru dan mendapat dukungan dari kepala
sekolah. Adapun indikator literasi digital yaitu kecermatan dalam TIK, perlindungan data digital, etika dalam berinternet, pembiasaan penggunaan teknologi.
2022T-AP006.C1 | 6/NIK/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2022T-AP006.C2 | 6/NIK/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain