Tesis AP
Peningkatan Kreativitas Mengajar Guru Melalui Penguatan Supervisi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional (Studi Empiris Menggunakan Pendekatan Korelasional dan Analisis SITOREM pada Guru Honorer di SDN se Kecamatan Sawangan Kota Depok)
Kreativitas menjadi suatu tuntutan bagi setiap guru karena hal ini menjadi awal bagaimana guru melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empirik peningkatan kreativitas dengan melihat hubungannya dengan supervisi pembelajaran dan kecerdasan emosional, dengan responden Guru honorer di SDN yang berada di Kecamatan Sawangan Kota Depok. Jumlah sampel penelitian sebanyak 116 guru yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan analisis statistik parametrik dalam bentuk analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda serta analisis parsial dengan taraf signifikansi α = 0,01 dan α = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulan. Pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi pembelajaran dengan kreativitas dengan koefisien korelasi ry1= 0,674, koefisien determinasi Ry12= 0,455. Kedua, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan kreativitas yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry2 iv = 0,850, koefisien determinasi Ry2 2=0,722. Ketiga, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara supervisi pembelajaran dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kreativitasyang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ry.12 = 0,873 dan koefisien determinasi Ry.12 2= 0,763. Keempat, Kreativitas Guru honorer di SDN yang berada di Kecamatan Sawangan Kota Depok dapat ditingkatkan melalui penguatan supervisi pembelajaran dan kecerdasan emosional
2021T-AP045,C1 | 45/WIJ/T-AP/2021 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2021T-AP045,C2 | 45/WIJ/T-AP/2021 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain