Tesis AP
Peran Manajemen Sekolah Dalam Penerapan Common Asean Tourism Curriculum di SMK Negeri 3 Malang
SMK pariwisata merupakan salah satu konsep dalam pendidikan vokasi, dimana peserta didik diajarkan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan Industri Pariwisata baik tingkat nasional maupun internasional. Sebagai contoh, sekolah yang menerapkan konsep SMK pariwisata adalah SMK Negeri 3 Malang yang mengintegrasikan dua kurikulum yang terdiri dari kurikulum 2013 dan CATC. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan keunikan atau kekhasan proses dan tahapan dalam manajemen sekolah di SMK Negeri 3 Malang, yang terletak di Malang-Jawa Timur, dalam mengembangkan CATC pada jenjang SMK. Manajemen sekolah yang dikaji meliputi tahapan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pelaksanaan, serta pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan peneliti sebagai instrumen. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Berdasarkan data dan informasi yang ada, diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang baik dan terstruktur menjadi faktor penunjang utama dalam pengembangan kurikulum satuan operasional sekolah di SMK Negeri 3 Malang. Untuk dapat mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam kurikulum satuan operasional sekolah maka diperlukan perencanaan yang detil, pengorganisasian yang sesuai dengan kebutuhan, pengarahan serta implementasi sesuai dengan program yang telah disusun dan direncanakan, serta pengendalian yang intensif secara berkala dengan instrumen yang disusun secara objektif dan terukur.
2022T-AP023.C1 | 23/WIB/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2022T-AP023.C2 | 23/WIB/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain