Tesis AP
Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Penguatan Supervisi Pembelajaran Dan Motivasi Berprestasi ( Studi Empiris Menggunakan Pendekatan Korelasional Dan Analisis Sitorem Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor )
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat mengetahui hubungan antara Supervisi Pembelajaran dan Motivasi berprestasi dengan Kreativitas Guru. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Tenjoalaya pada Bulan April 2022. Populasi pada penelitian ini berjumlah 142 guru dengan jumlah sampel sejumlah 106 guru dengan menggunakan Proporsional random sampling. Pengumpulan data untuk setiap variabel yang diteliti dengan menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda serta metode analisis saran atau rekomendasi hasil penelitian uji analisis SITOREM. Hasil penelitian dengan metode studi korelasi (Korelasi parsial dan korelasi ganda) menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara Supervisi Pembelajaran dan Kreativitas Guru (Koefisien Korelasi ry1 = 0,469 dan koefisien determinasi r2y1 = 0,220). Terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi dengan Kreativitas Guru (Koefisien Korelasi ry2 = 0,498 dan koefisien determinasi r2y2 = 0,248), serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Supervisi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi dengan Kreativitas Guru (Koefisien Korelasi ry12 = 0,572 dan koefisien determinasi r2y12 = 0,328). dan berdasarkan hasil uji SITOREM menunjukan bahwa terdapat beberapa indikator dari variabel yang harus diperbaiki dan beberapa indikator yang harus dipertahankan. Indikator yang harus diperbaiki antara lain Keinginan untuk mencapai hasil melebihi standar, Kesiapan untuk bersaing, keberanian mengambil keputusan dan resiko, Upaya menggali tehnik pembelajaran yang baru, Penciptaan ide dan gagasan baru yang lebih menarik dan pengembangan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kreativitas Guru dapat ditingkatkan melalui penguatan Supervisi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi baik secara parsial maupun secara bersama-sama.
2022T-AP016.C1 | 16/HAR/T-AP\\2022 | My Library (HTAP) | Tersedia |
2022T-AP016.C2 | 16/HAR/T-AP\\2022 | My Library (HTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain