Tesis AP
Peningkatan Kepuasan Kerja Guru Melalui Penguatan Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kepuasan kerja guru melalui analisis hubungan antar variabel kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja guru, hubungan anatara budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru, kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara bersamasama dengan kepuasan kerja guru. Pada kesempatan ini, penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional serta analisis SITOREM yang terdiri antara dua variabel bebas, yaitu kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dengan satu variabel terikat yaitu Kepuasan Kerja Guru. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri di Kecamatan Tanjungasari Kabupaten Bogor pada tahun 2022. Populasi penelitian sebanyak 156 orang guru dan ditentukan sempel sebanyak 113 guru, menggunakan metode Proposional random sampling. Selanjutnya metode yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei serta analisis data, dengan uji korelasi serta uji
regresi linear sederhana dan linear berganda. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan yaitu : Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional (X1) dengan kepuasan kerja guru (Y) (ry1= 0,350). Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel budaya organisasi (X2) serta Kepuasan Kerja Guru (Y) (ry2 = 0,432). Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional (X1) Budaya Organisasi (X2) secara bersama-sama denganKepuasan Kerja Guru (Y) (ry12 = 0,495). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Kerja Guru dapat di tingkatkan melalui Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi.
2022T-AP026.C1 | 26/BAS/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2022T-AP026.C2 | 26/BAS/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain