Tesis AP
Peningakatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penguatan Efikasi Diri Dan Komitmen Profesi Guru
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru pada Guru SD Negeri se Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor melalui upaya-upaya pengembangan variabel efikasi diri dan komitmen profesi, yaitu dengan cara mengidentifikasi kekuatan-kekuatan hubungan antar variabel variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 398 orang guru PNS dari 38 Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multystage proporsional random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak terhadap jumlah populasi secara proporsional. Penetapan proporsi populasi penelitian yaitu guru di SD Negeri sebesar 43% dari 398 orang guru menjadi 170 orang guru (pembulatan), proporsi di setiap SD Negeri di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor sama dengan sebaran awal, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 120 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan test tertulis (untuk variabel peningkatan kompetensi profesional) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan Efikasi diri dengan kompetensi profesional Guru diperoleh nilai korelasi ry1 sebesar 0,658 dengan kekuatan hubungan terkategori Kuat. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan Komitmen profesi dengan kompetensi profesional Guru diperoleh nilai korelasi ry2 sebesar 0,675 dengan kriteria kuat. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan Efikasi diri dan komitmen profesi secara bersama-sama dengan kompetensi profesional Guru diperoleh nilai korelasi ry12 sebesar 0,756 yang berarti hubungan bersifat kuat.
2023T-AP001.C1 | 1/CHA/T-AP/2023 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2023T-AP001.C2 | 1/CHA/T-AP/2023 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain