Tesis AP
Peningkatan Kreativitas Guru melalui Iklim Sekolah , Kepemimpinan Melayani, Dan Literasi Sains ( Studi Empiris Analisis Jalur Dan Analisis SITOREM Pada Guru Tetap Yayasan SMP Swasta Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor ).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empirik peningkatan kreativitas guru dengan melihat pengaruh terhadap iklim sekolah, kepemimpinan melayani, dan literasi sains guru tetap yayasan SMP swasta Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Jumlah sampel penelitian sebanyak 111 guru yang diambil secara acak dengan menggunakan teknik proportional random sampling dari 152 guru. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis jalur dan SITOREM. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung iklim sekolah terhadap kreativitas guru yang signifikan dengan nilai koefisien jalur (βy1 = 0,178); 2) terdapat pengaruh langsung kepemimpinan melayani terhadap kreativitas guru yang signifikan dengan nilai koefisien jalur (βy2 = 0,233); 3) terdapat pengaruh langsung literasi sains terhadap kreativitas guru yang signifikan dengan nilai
koefisien jalur (βy3 = 0,584); 4) terdapat pengaruh langsung iklim sekolah terhadap literasi sains yang signifikan dengan nilai koefisien jalur (βx3x1 = 0,319); 5) terdapat pengaruh langsung kepemimpnan melayani terhadap kreativitas guru yang signifikan dengan nilai koefisien jalur (βx3x2 = 0,446); 6) terdapat pengaruh tidak langsung iklim sekolah terhadap kreativitas guru melalui literasi sains dengan nilai koefisien jalur (β = 0,186); 7) terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan melayani terhadap kreativitas guru melalui literasi sains dengan nilai koefisien jalur (β = 0,260). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dapat ditingkatkan dengan penguatan iklim sekolah, kepemimpinan melayani, dan literasi sains.
2023T-AP002.C1 | 2/FAB/T-AP/2023 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2023T-AP002.C2 | 2/FAB/T-AP/2023 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain