Tesis AP
Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Dan Learning Organization Dengan Komitmen Profesi ( Study Empirik Pendekatan Korelasional Terhadap Guru SMA Swasta Di Kecamatan Cibinong )
Guru merupakan profesi mulia dan berperan dominan dalam keberhasilan pendidikan. Pendidikan memberikan kontribusi dalam menciptakan kualitas lulusan yang unggul artinya mampu bersaing, terampil, inovatif, memiliki daya kreativitas yang tinggi dan bertanggung jawab. Peranan guru yang strategis menuntut guru untuk memiliki beragam kompetensi sebagai dasar dalam menjalankan perannya sebagai pendidik. Guru sebagai pengajar dan pendidik memiliki kewajiban untuk membimbing, melatih, menggali potensi dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Prestasi belajar dapat diwujudkan melalui kemampuan dan kompentensi guru dalam merancang pembelajaran bermakna, metode belajar yang tepat, alokasi waktu belajar peserta didik yang efektif, arahan serta pengelolaan diskusi di dalam kelas. Wujud profesionalisme guru yakni memiliki komitmen, ikatan yang kuat dengan pekerjaan atau profesi, bertanggung jawab, setia dan memiliki etika. Guru dengan komitmen profesi yang tinggi mampu memberi dampak positif karena pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara kepemimpinan transformasional dan learning organization dengan komitmen profesi. Untuk mendapatkan rekomendasi implementatif bagi pihak terkait, maka perlu dilakukan analisis secara mendalam terkait hubungan antara variabel yang diteliti. Populasi dalam penelititan ini adalah guru SMA Swasta di Kecamatan Cibinong. Penetapan sampel penelitian menggunakan proporsional random sampling dan dilakukan perhitungan sampel penelitian dengan rumus Slovin. Jumlah sampel penelitian yaitu 141 orang guru. Pengumpulan data untuk setiap variabel yang diteliti menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan Statistical Program for Social Science SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional dengan komitmen profesi. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar ry1=0,735, (b) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara learning organization dengan komitmen profesi. Diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar ry2 =0,739, (c). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan
transformasional dan learning organization secara bersama-sama dengan komitmen profesi. Diperoleh nilai regresi berganda sebesar ry12 =0,784. Dukungan kepala sekolah dan kemudahan di era digitalisasi memungkinkan bagi guru dalam berbagi informasi. Pemanfaatan teknologi oleh guru untuk berbagi metode atau teknik mengajar kepada sesama rekan guru dari organisasi yang berbeda dimungkinkan tanpa batasan ruang dan waktu. Pengembangan diri yang dilakukan guru menunjukkan komitmen profesi yang dapat meningkatkan kompetensi sebagai pendidik profesional.
2022T-AP029.C1 | 29/Wil/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
2022T-AP029.C2 | 29/Wil/T-AP/2022 | My Library (RTAP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain